Ribuan Tikus Suci di Kuil India ini Ternyata Ramai Dikunjungi

Image result for karni mata india
Sumber gambar: Mandirmandir

Siapa bilang tikus itu menjijikkan. Ternyata di negara India, ada kuil yang menyucikan tikus. Iya, tikus disebut sebagai mahkluk yang suci. Nama tempat tersebut adalah Kuil Karni Mata.

Kuil tikus ini merupakan tempat yang unik dan beda sekali daripada kuil-kuil lainnya. Di sini terdapat bukan hanya ribuan, melainkan belasan ribu ekor tikus. Tikus yang ada di sana tidak dibasmi, dipukul, dan diusir, melainkan dilindungi dan dihormati.

Tikus dianggap sebagai dewa Kuil Karni Mata di Jajastha, India. Karena dianggap dewa, wajar saja kalau tikus ini disembah dan dilindungi. Bahkan terdapat jaring di sepanjang kuil itu. Fungsinya tentu saja untuk melindungi tikus dari hewan predator seperti Elang atau yang lainnya.

Image result for karni mata temple india
Sumber gambar: Pinterest

Meskipun dianggap sebagai hewan yang kotor, nyatanya tak pernah ada wabah yang menimpa area situ. Padahal sudah bertahun-tahun ribuan tikus ada dan tinggal di Kuil Karni.

Image result for karni mata temple india
Sumber gambar: Atlas Obscura

Tikus yang dianggap membawa keberuntungan adalah tikus yang berwarna putih. Nah, kalau ada pengunjung yang melihat tikus putih, maka pengunjung itu dipercayai akan mendapatkan keberuntungan.

Image result for karni mata temple india
Sumber gambar: NOMADasaurus

Saking hormatnya rakyat kepada tikus, mereka bahkan rela untuk memakan makanan bekas yang sudah dimakan terlebih dahulu oleh tikus tersebut. Pengunjungpun disarankan untuk tidak lengah dan menginjak tikus yang ada karena hal itu dianggap dosa. Kalau sudah berdosa, sang penginjak tikus harus membeli patung tikus emas atau perak dan meletakkannya di kuil.

Maukah kamu ke sana?

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

6 Fakta Seru Venesia yang Sering Banjir

Ruangan Paling Sepi di Dunia yang Bikin Pingsan

Review Buruk OYO Hotel Apartemen Enviro Cikarang