Susahnya Mendapatkan Antrian Paspor Online Karena Website Imigrasi Error Parah

Belum Punya Paspor? Ini Cara Mengurus Pembuatannya! | Good News ...


Bukan hal yang asing lagi kalau paspor menjadi salah satu dokumen wajib yang harus kita miliki supaya bisa jalan-jalan ke luar negeri. Bahkan ke negara yang paling dekat seperti Malaysia saja, memiliki paspor adalah wajib hukumnya. Jika masih belum punya paspor, kini imigrasi Indonesia sudah mempermudah prosesnya dengan membuat semua warga Indonesia bisa mendaftar antrian paspor secara online.

LANGKAH MEMBUAT PASPOR ONLINE

Kalau dulu orang harus mengantri dari dini hari untuk membuat paspor, bahkan bisa-bisa disuruh pulang lagi saking ramainya, sekarang hal itu tidak terjadi lagi. Sebelum datang, orang-orang harus terlebih dahulu mendapatkan nomor antrian membuat paspor secara online. Jadi pada hari itu sudah jelas ada berapa orang yang akan dilayani untuk membuat paspor. Sesuai dengan nomor urutnya. Mudah bukan?

Iya. Sangat mudah, kalau praktiknya sesuai dengan penjelasannya. Kamu hanya perlu mendapatkan nomor antiran dari situs imigrasi atau aplikasi layanan paspor online (bisa diunduh di Android dan iOS) lalu menyelesaikan tahapan pendaftaran. Namun sayangnya, praktek membuat paspor online tidak semulus kulit bayi, eh tidak semudah itu maksudnya!

Website antrian paspor online : https://antrian.imigrasi.go.id/

WAKTU MENDAFTAR ANTRIAN PASPOR ONLINE

Waktu pendaftaran paspor online dibuka setiap hari Jumat jam 14.00 sampai hari Minggu jam 16.00. Karena ingin mendapatkan jadwal pembuatan paspor yang sesuai dengan keinginanku, aku sudah siap membuka website imigrasi dari jam 13.45. Alias 15 menit lebih awal sebelum jam 2 siang.
Tidak hanya itu, bahkan aku juga sudah siap dengan 2 HP yaitu Samsung dan iPhone untuk jaga-jaga kalau websitenya error.

MASALAH KETIKA MEMBUAT PASPOR ONLINE

Aku mulai aktif melakukan refresh di layar komputer dari jam 13.50. Lalu sekitar jam 13.55, tiba-tiba aku sudah tidak bisa melakukan refresh pada website tersebut. Pantang menyerah, aku tetap gigih melakukan refresh situs untuk mencoba peruntungan, namun sama saja. Sampai 1 jam tidak ada hasilnya.
Sumber gambar: screenshot pribadi

Sumber gambar: screenshot pribadi 

Aku memantau dari twitter dan melihat bahwa ada beberapa orang yang mengalami hal yang sama.

Sumber gambar: Screenshot pribadi

Selain itu aku juga berkali-kali mencoba dari aplikasi layanan paspor online di HP Samsung dan iPhone, tapi tetap saja hasilnya nihil. Entah itu keluarnya lama lah, tidak bisa login lah, ada saja pokoknya.

Sumber gambar: screenshot pribadi

Setelah sekitar 1,5 jam refresh terus dan stand by di depan komputer, tiba-tiba aku bisa membuka jadwal antrian paspor online di kantor imigrasi yang aku inginkan. “Yes hahahaha! Perjuanganku akan membuahkan hasil!!” Kataku dalam hati. Aku semakin bahagia ketika melihat tanggal kalendernya banyak yang berwarna hijau. Artinya masih banyak jadwal yang kosong dan aku bisa bebas memilih tanggal. Wah aku senang sekali. Supaya tidak keduluan orang lain, aku langsung buru-buru klik salah satu tanggalnya.

Eh tiba-tiba, kesenanganku berubah menjadi kekecewaan. Meskipun di tanggal tersebut warnanya masih hijau, aku tetap tidak bisa mendaftar di hari itu. Aku mencoba tanggal lain, mulai dari hari Senin pagi & siang, Selasa pagi & siang, dan seterusnya sampai Jumat, namun tetap saja tidak bisa. Jika aku klik ‘lanjut’ secara ajaib muncul pemberitahuan bahwa kuotanya sudah penuh. Padahal semua tanggalnya masih hijau.

Sumber gambar: screenshot pribadi

Apa-apaan ini. Kok bisa? Padahal aku benar-benar selalu refresh komputer dan HP. Kok giliran websitenya bisa diakses, tiba-tiba kuotanya penuh begitu saja. Lagipula pada website itu tulisannya masih ada jatah 15 orang. Ketika aku refresh lagi, masih tidak mau menyerah, tetap saja tidak bisa. Namun entah mengapa lagi, kuotanya berubah kini menjadi 75. Aku benar-benar bingung dan tak mengerti.

Sambil tetap mencoba peruntungan, aku mulai ngaco dan mencoba untuk daftar di kantor imigrasi lain. Beberapa kantor imigrasi yang aku coba adalah Depok, Karawang, dan beberapa lainnya di Jakarta. Namun hasilnya sama saja. Meskipun tanggalnya berwarna hijau dan kuota tersedianya masih ada, ketika aku klik lanjut, tetap katanya kuota sudah penuh dipersilakan pilih tanggal lain. Benar-benar membingungkan!

Kira-kira kenapa bisa begitu ya? Benar-benar bikin aku bete. 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

6 Fakta Seru Venesia yang Sering Banjir

Ruangan Paling Sepi di Dunia yang Bikin Pingsan

Review Buruk OYO Hotel Apartemen Enviro Cikarang