6 Fakta Seru Venesia yang Sering Banjir


Venesia adalah salah satu kota di Negara Italia. Hal paling terkenal dari Venesia adalah transportasi airnya atau yang biasa disebut dengan gondola. Venesia memiliki banyak sekali fakta-fakta mengejutkan yang pasti bisa membuat kamu kaget, terkejut, terpinga-pinga! Oke, aku lebay banget. Tapi beneran loh, pasti kamu kaget kalau aku bilang hampir tiap hari di Venesia ada banjir? Nah kan udah melongo kaget.

Ya udah, baca aja artikel ini lebih lanjut supaya semakin melongo dan terpinga-pinga.

Ada banyak sekali gereja di Venesia
Jumlah gereja yang ada banyak di Venesia disebabkan karena dulunya Venesia itu merupakan tempat tinggal kelompok-kelompok orang Venesia. Nah, masing-masing kelompok itu punya gereja, alun-alun utama atau bisa disebut campo, dan ada pula lubang yang berfungsi untuk mengumpulkan air hujan. Maka dari itu jangan kaget kalau baru melangkah sedikit saja di Venesia, sudah ketemu gereja lain.

Venesia dibangun di atas lumpur
Yup, kamu membaca itu dengan benar. Venesia tidak seutuhnya dibangun di atas air. Tapi Venesia dibangun di atas lumpur. Kok bisa nggak tenggelam? Gampang, kamu cuma perlu menanam ribuan kilo batang kayu ke dalam lumpur itu. Kayu-kayu itu nantinya akan menjadi fondasi apapun itu yang mau dibangun. Misalnya rumah, gedung, jembatan, apa aja deh. Kalau misalnya kamu potong semua bangunan yang ada di Venesia, kamu bakalan kaget. Kenapa? Karena akan ada semacam hutan tapi terbalik. Bingung ga tuh ngebayanginnya? Anyway, karena lumpurnya steril jadi kayu-kayu yang ditumpuk di bawah bangunan itu tidak membusuk dan tetap kokoh. Hebat kan?

Kamu Tidak Boleh Mengendarai Sepeda
Iya guys, orang-orang Venesia dilarang untuk mengendarai. Kalaupun kamu diizinkan, kamu bakal kerepotan. Kenapa? Karena kamu harus berkali-kali turun dari sepedamu soalnya banyak jalan yang tidak bisa dilalui oleh sepeda.

Nama jalan dari peristiwa unik yang terjadi
Di Venesia banyak banget nama-nama jalan yang terjadi karena kejadian unik pada masa lampu. Misalnya nih ada jalanan yang namanya terinspirasi dari tukan daging yang ditangkap karena pernah membunuh beberapa anak-anak kecil. Ada orang yang tidak sengaja menemukan jari anak kecil pada daging yang dijual. Akhirnya penjual daging yang juga pembunuh itu dijatuhi hukuman mati deh.


Venesia langganan banjir
Kamu tahu fenomena air pasang nggak? Ini adalah fenomena yang terjadi beberapa kali setiap tahunnya. Biasanya sih terjadi saat musim dingin. Ya kalau air sudah pasang, siap-siap deh daratan di Venesia terendam air laut yang masuk ke perkotaan. Peringatannya unik dan agak-agak creepy gitu. Seperti ada suara sirine yang diputar dan bisa didengar oleh semua orang. Nah kalau banjir biasa, ini juga bisa terjadi setiap hari. Biasanya terjadi saat sore hari yang tentu saja karena air pasang. Jadinya orang yang jalan harus becek-becekan deh. 

Bentuk Venesia mirip seperti ikan
Sepertinya sudah banyak yang tahu tentang hal ini. Kalau kamu membuka peta dunia, pasti bisa langsung sadar kalau Venesia bentuknya mirip sekali sama ikan. Sudah begitu, jembatan Ponte della Libertà terlihat seperti tali pancing pula.

Itulah dia fakta seru tentang Venesia. Jadi semakin penasaran dan ingin ke Venesia, kan? Yuk!

Salam jalan ;)

Comments

Popular posts from this blog

Ruangan Paling Sepi di Dunia yang Bikin Pingsan

Review Buruk OYO Hotel Apartemen Enviro Cikarang