7 Hal yang Bikin Visa Korea Selatan Temanku Ditolak

Heylo!

Pada postingan blog aku kali ini aku akan membuat beberapa tips paling penting yang nggak basi supaya visa Korea Selatan tidak ditolak. Tips dan trik ini berbeda dari tips lain. Kenapa? Karena aku sendiri korbannya. Jadi aku bener-bener tahu apa hal bodoh yang harus kamu hindari dan hal pintar yang harus kamu lakukan supaya visa Korea Selatan kamu diterima dan tidak ditolak. 

Klarifikasi: aku tahu kalau ada 2 temanku yang visanya ditolak (kalau aku sih diterima bweee :b). Dan 7 hal ini adalah alasan yang kira-kira menjadi penyebab visa Korea Selatan mereka ditolak. Semoga tips ini bisa membantu kamu semua ya.



Lengkapi semua berkas
Ini adalah tips paling basic dan mendasar. Kalau data tidak lengkap, visa Korea Selatan pasti akan ditolak. Tidak peduli kamu mau ke Korea Selatan untuk ketemu grup k-pop BTS atau Blackpink. Fix ditolak. Jangan banyak gaya deh. Kalau ada data yang kurang sebiji aja, tunda pengumpulannya. Lebih baik mengumpulkan data lebih lama daripada buru-buru ngumpulin tapi tidak lengkap. Oke, teman?

Pakai rekening utama yang paling aktif
Salah satu persyaratan Visa Korea Selatan adalah kamu diminta untuk mengumpulkan rekening koran selama 3 bulan terakhir. Nah untuk syarat ini, pastikan kamu lampirkan rekening utama milik kamu yang paling aktif. Aku sarankan rekening itu haruslah rekening yang kamu gunakan untuk menerima gaji. Pastikan juga gaji dari rekening perusahaan itu tulisannya atas nama PT, bukan atas nama orang. Untuk menghindari kecurigaan saja. 

Waspada dengan kiriman uang beberapa hari sebelum cetak rekening koran
Sebelum kamu cetak rekening koran milikmu, pastikan bahwa dalam beberapa minggu ini kamu tidak menerima uang aneh-aneh. Entah itu dari bisnis gelap, bisnis illegal, atau hal yang mencurigaka. Hal mencurigakan itu termasuk suntikan dana dari orang lain. Hayooo ngaku. Siapa dari kalian yang minjem uang teman supaya batas minimal uangnya kelihatan cukup untuk liburan ke Korea? Nah kalau kamu salah satunya, selamat! Kemungkinan visa Korea Selatan kamu ditolak :b Kecuali kamu melakukannya dengan smooth jadi nggak disadari oleh Kedubes Korea Selatan yang memeriksa.

Image result for twice
Sumber gambar: IDN Times

Lampirkan dokumen asli
Andai kata kalian belum pernah bayar pajak SPT lalu kalian melampirkan formulir SPT orang lain dan mengubah nama mereka menjadi nama kalian, itu salah besar. Bahkan itu termasuk tindakan kriminal loh. Bukan cuma untuk dokumen SPT saja. Dokumen lainnya seperti SKK (surat keterangan kerja), rekening koran, kartu keluarga, dll itu haram hukumnya untuk diedit-edit dan dipalsukan. Jangan pernah melakukan hal itu ya, teman. Lebih baik jujur dan mengumpulkan dokumen apa adanya, daripada bohong dan ketahuan lalu ditolak. Citra kamu bisa jelek di Kedubes Korea Selatan. 

Pastikan semua nomor telepon bisa dihubungi
Terkadang kedubes Korea Selatan menelfon beberapa nomor telepon yang kamu lampirkan. Entah itu nomor kamu, keluarga kamu, HRD, atau siapapun itu yang nomornya kamu lampirkan. Fungsinya adalah mereka ingin melakukan wawancara untuk pengecekan dan konfirmasi. Ada loh temanku yang visanya ditolak karena ini. Dia hanya bisa menyesal ketika agen memberitahu dia kalau katanya kedubes pernah menelfon tapi tidak diangkat. Jadi pastikan semua nomor yang kamu kasih itu aktif. 

Milikilah batas minimal uang yang cukup
Tidak pernah ada konfirmasi formal dari Kedubes Korea Selatan, berapa nominal minimal perharinya untuk jalan-jalan di Korea Selatan. Namun banyak yang mengasumsikan bahwa sejuta aja sudah cukup perharinya untuk bisa diapprove permohonan pengajuan visa Korea Selatannya. So, pastikan kamu ada dana setidaknya sejuta sehari. Jadi kalau mau 14 hari di sana harus ada berapa? Ayo coba hitung. Iya 15,4 juta. 14 juta untuk 14 hari dan 1,4 jutanya anggap aja biaya tidak terduga. Biaya tak terduga aku bikin aja 10% dari biaya total :)

Image result for gangnam
Sumber gambar: Livemint

Pastikan kantor Anda dikenal
Sebenarnya aku nggak tahu ini berpengaruh atau tidak. Tapi kalau kantor Anda kurang dikenal, pastikan saja HRDnya bisa dihubungi. Minta HRDnya untuk membuat SKK (surat keterangan kerja) sejelas mungkin. Gunakan kop surat yang meyakinkan. Jangan sampai SKK kamu kelihatan alay dengan kop surat ngasal. Jaga-jaga aja sih kalau pihak Kedubes Koreanya curiga. Jangan sampai perusahaanmu dikira perusahaan bodong dan kamu adalah orang Indonesia yang diam-diam ingin menjadi TKI Korea Selatan. Hahahahaha xD Makanya kalau perusahaanmu kurang terkenal lebih baik kamu bener-bener lengkapin data yang selengkap-lengkapnya seperti dengan bukti SPT. 

Intinya mengajukan visa Korea Selatan itu mudah kalau semua berkas lengkap dan kamu tidak mencurigakan. Terima kasih sudah membaca. Silakan tanya-tanya aja di kolom komentar bawah kalau masih ada yang membuat kamu bingung. Aku pasti jawab secepatnya :)

Comments

Popular posts from this blog

6 Fakta Seru Venesia yang Sering Banjir

Ruangan Paling Sepi di Dunia yang Bikin Pingsan

Review Buruk OYO Hotel Apartemen Enviro Cikarang